STEM AT HOME MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA TOPIK PESAWAT SEDERHANA

Penulis

  • Anisa Putri Zalya Universitas Riau Penulis

Kata Kunci:

Stem at Home, Media Pembelajaran, Berpikir Kreatif, Pesawat Sederhana

Abstrak

Keterampilan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki siswa agar dapat memanfaatkan pengetahuannya dengan baik dan mudah beradaptasi dengan perkembangan zaman. Akan tetapi, pembelajaran IPA di sekolah masih jarang menggunakan media pembelajaran yang tepat untuk menstimulasi keterampilan berpikir kreatif siswa. Oleh karena itu, diperlukan usaha dari para pendidik IPA untuk memfasilitasi siswa dengan media pembelajaran yang efektif demi melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan Kit STEM at Home dalam pembelajaran pesawat sederhana terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperimen dengan desain posttest only control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Pekanbaru yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan Kit STEM at Home dan kelas kontrol menggunakan Kit standar IPA SMP. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Penggunaan Kit STEM at Home melatih siswa memahami konsep pesawat sederhana secara kontekstual dan dapat melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan Kit STEM at Home juga sangat positif, karena dianggap menarik, mudah digunakan, dan relevan dengan konsep yang diajarkan. Kesimpulan penelitian ini adalah Kit STEM at Home efektif digunakan dalam pembelajaran pesawat sederhana untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan.

Referensi

Aini, R. Q., Rachmatullah, A., & Hu, M. (2019). Indonesian Primary School and Ackerman, R., & Thompson, V. A. (2017). Meta-Reasoning: Monitoring and Control of Thinking and Reasoning. Trends in Cognitive Sciences, 21(8), 607–617. https://doi.org/10.1016/j.tics.2017.05.004

Jawad, L. F., Majeed, B. H., & Alrikabi, H. T. S. (2021). The Impact of Teaching by Using STEM Approach in The Development of Creative Thinking and Mathematical Achievement Among the Students of The Fourth Scientific Class. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(13), 172–188. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i13.24185

Kraeng, Y. F. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(1), 72–80. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i1.2366

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 63–71. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Nastiti, F. E., & ‘Abdu, A. R. N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5 (1), 61–66. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061

Novitasari, D., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2021). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan …, 05(02), 1476–1487. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/662

Nurfadilah, S., & Siswanto, J. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Konsep Polimer dengan Pendekatan STEAM Bermuatan ESD Siswa SMA Negeri 1 Bantarbolang. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 14(1), 45–51. https://doi.org/10.26877/mpp.v14i1.5543

Rehani, A., & Mustofa, T. A. (2023). Implementasi Project Based Learning dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa di SMK Negeri 1 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 487–496. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.273

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sularmi, Hari Utomo, D., & Nyoman Ruja, I. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 3, 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10748

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pendekatan open-ended. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i1.5328

Wakhid, A., Zaenuri, Z., Sugiman, S., Isnarto, I., & Cahyono, A. N. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pembelajaran Berpendekatan STEM. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3545–3551. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1675

Wati, I. K., Suciati, S., Sari, M. W., & Nugraheni, F. S. A. (2021). Persepsi Guru IPA Terhadap Pembelajaran STEM. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 7(2), 92. https://doi.org/10.32699/spektra.v7i2.203

Yanti, Y., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Segiempat Melalui Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), 145. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v5i2.2024

Zamzam, K. F., & Ambarawati, M. (2023). Karakteristik Berpikir Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gender. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 5(2), 233–245. https://doi.org/10.33503/prismatika.v5i2.2725

Zulirfan, Iksan, Z. H., Osman, K., & Salehudin, S. N. M. (2018). Issn 1648-3898 Issn 2538-7138 Take-Home-Experiment : Enhancing Students ’. Journal of Baltic Science Education, 17(5), 828–837.

Zulirfan, Z., Yennita, Y., & Rahmad, M. (2020). STEM at Home: Provide Scientific Activities for Students during the Covid-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1655/1/012068

Diterbitkan

2025-05-31

Terbitan

Bagian

Articles