Perancangan Mal Pelayanan Publik di Kota Bagansiapiapi dengan Pendekatan Arsitektur Modern
Keywords:
Mal Pelayanan Publik, perancangan, arsitektur modern, teknologi, Kabupaten Rokan Hilir, BagansiapiapiAbstract
Kabupaten Rokan Hilir hingga saat ini belum memiliki Mal Pelayanan Publik, sementara jumlah penduduk terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2024, jumlah penduduk Kabupaten Rokan Hilir tercatat sebanyak 670.692 jiwa. Peningkatan jumlah penduduk ini tentu berimplikasi pada meningkatnya kebutuhan pelayanan publik, khususnya di Kota Bagansiapiapi sebagai pusat pemerintahan. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, diperlukan kehadiran Mal Pelayanan Publik sebagai pusat layanan terpadu (one-stop service) yang menyediakan berbagai fasilitas dan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus berbagai kepentingan administrasi.
Dalam proses perancangannya, digunakan metode glass box (atau white-box testing) yang berfokus pada pengujian struktur internal dan logika sistem pelayanan agar berjalan efektif dan efisien. Pendekatan Arsitektur Modern diterapkan untuk mencerminkan perkembangan zaman yang semakin maju, mendorong peningkatan literasi digital, serta pemanfaatan teknologi dalam pelayanan publik. Desain ini diharapkan menjadi simbol kemajuan dan inovasi pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir dalam mewujudkan pelayanan yang transparan, adaptif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
References
mba, N., Saleky, S. R. J., & Sahertian, O. L. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Administrasi Terapan, 2(1), 232–239.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Rokan Hilir. (2024). Kabupaten Rokan Hilir dalam angka 2024 (Vol. 13, No. Publikasi 14090.24002; Katalog 1102001.1409, Penyunting: Alvin Pratama). BPS Kabupaten Rokan Hilir. https://rohilkab.bps.go.id/publication/2024/02/28/8ef369231e8d461aaaaec1a6/kabupaten-rokan-hilir-dalam-angka-2024.html
Banham, R. (1978). Age of the master: A personal view of modern architecture. London: Architectural Press.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2017). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 tentang Jabatan Fungsional Arsitek. Jakarta: Kementerian PAN-RB.
Neufert, E. (1996). Data arsitek (Edisi ke-33). Jakarta: Erlangga.
Neufert, E. (2002). Data arsitek (Edisi ke-33, diterjemahkan oleh Sunarto Tjahjadi). Jakarta: Erlangga.
Nopria, D. (2022). Penerapan Konsep Folding Architecture dalam Desain Mal Pelayanan Publik di Kabupaten Kuantan Singingi. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Riau.
Pemerintah Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 112. https://jdih.setneg.go.id/produk/uu-no-25-tahun-2009
Purnama, D. A., & Hantono, D. (2023). Kajian konsep arsitektur modern pada bangunan Menara Cakrawala di Jakarta. Jurnal Arsitektur Purwarupa, 7(2), 141–148.
Ratminto & Winarsih, A. S. (2005). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JALUR: Journal of Architecture, Landscape & Urban Design

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.