Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Alat Peraga Visual Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia
Kata Kunci:
IPA, Alat Peraga Visual, Hasil Belajar, Sistem PencernaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 157 Bengkulu Utara pada mata pelajaran IPA, khususnya materi sistem pencernaan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru serta soal evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 51,66 pada siklus I menjadi 86,86 pada siklus II, dan ketuntasan belajar meningkat dari 20% menjadi 100%. Keaktifan siswa juga meningkat secara signifikan. Dengan demikian, penggunaan alat peraga visual terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia